10 Besar Perolehan Suara Caleg DPR RI Dapil NTB

Reportase : Le Wharid Rakhmana dari KPUD NTB
Mataram [Sasak.Org] Diluar dugaan suara para Caleg dari Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera untuk daerah NTB mendominasi. Terlebih kedua partai ini masih merupakan partai pendatang baru, Berdasarkan data tabulasi sementara KPUD NTB, perolehan suara Caleg PKS yakni Fahri Hamzah masih menempati posisi pertama yakni dengan perolehan suara sebanyak 7.355 suara disusul oleh Caleg dari Partai Demokrat yakni Nanang Samodra dengan perlehan suara sebanyak 7.006 suara.
Kedua Caleg tersebut mengungguli 180 orang caleg DPR RI lainnya, dan sudah bisa dipastikan mereka akan menyiapkan koper dan mengepak baju mereka untuk melenggang ke Senayan dan akan mengisi 2 kursi dari 10 kursi yang diperebutkan untuk wilayah pemilihan NTB. Sementara itu 8 orang Caleg dari partai lain juga telah dipastikan akan menyusul Fahri Hamzah dan Nanang Samodra, diantaranya Muhamad Luthfi dari Golkar, Rachmat Hidayat dari PDIP, Hamdan Zoelva dari PBB, lalu Gede Samsul Mujahidin dari PBR, Adi Putra Darmawan dari Golkar, Izzul Islam dari PPP, Lalu mara satria Wangsa dari Golkar dan Hatta Taliwang dari PAN. Berikut tabulasi perolehan suara KPUD NTB per 14 April 2009.
10 Besar Perolehan Suara Caleg DPR RI
No Nama Caleg Perolehan Suara
1 Fahri Hamzah 7.355
2 Nanang Samodra 7.006
3 Muhammad Luthfi 2.677
4 Rachmat Hidayat 2.595
5 Hamdan Zoelva 2.458
6 L. Gede Samsul Mujahidin 2.435
7 Adi Putra Darmawan Tahir 2.371
8 Izzul Islam 1.887
9 Lalu Mara Satria Wangsa 1.665
10 Hatta Taliwang 1.445

Berdasarkan pantauan saya di KPUD NTB perhitungan suara masih terus dilakukan, mengingat masih banyak suara yang belum masuk, salah satunya adalah suara untuk Partai Demokrat dari kabupaten Dompu, suara partai Demokrat dari kabupaten ini terancam tidak akan dimasukkan kedalam tabulasi perhitungan suara karena DPC Demokrat Dompu tidak melaporkan rekening dana kampanye sesuai dengan UU No.10 tahun 2008.
Bukan hanya partai Demokrat, partai-partai gurem lainnya juga banyak yang bermasalah seperti Partai Pengusaha, Partai Pekerja Indonesia, Partai Barisan Nasional, Partai Pemuda Indonesia dan masih banyak lagi partai-partai lainnya. Sementar itu berdasarkan pengamatan terakhir saya di KPUD NTB perolehan suara partai masih didominasi oleh 5 partai besar yakni Partai Demorat, Partai Golkar, PKS, PBB dan PDIP.
Sedangkan untuk suara Partai Demokrat dan partai-partai bermasalah lainnya yang berasal dari KPUD Dompu dinyatakan hangus, oleh berbagai kalangan yang sempat melakukan analisa di KPUD NTB hal tersebut lantaran KPUD Dompu telah melakukan kesalahan prosedur dengan meloloskan delapan partai bermasalah tanpa mengecek kebenaran laporan dana kampanye mereka.
Catatan: perkiraan diatas tanpa mempertimbangkan parliamentary threshold [PT]. PT adalah syarat untuk masuk DPR RI. dimana hanya partai yang memperoleh suara NASIONAL lebih dari 2,5 % saja yang bisa lolos ke DPR RI. Jika tidak, maka kursi partai tersebut akan hangus, berapapun suara yang dia peroleh di DAPIL masing masing.
sumber sasak.org

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s